Benarkah Manusia Pernah Hidup Bersama Dinosaurus?

Seperti yang kita ketahui, Para Dinosaurus pertama kali muncul 228 juta tahun silam, dan mereka bertahan hidup dengan waktu yang sangat lama hingga sekitar 65 juta tahun yang lalu. (Sebagai perbandingannya, manusia muncul sekitar tiga juta tahun yang lalu)

Era ketertarikan pada Dinosaurus dimulai pada tahun 1820-an, ketika seorang pendeta, William Buckland dan seorang ahli fisika , Gideon Mantell secara terpisah menemukan beberapa tulang aneh dan sangat besar di pertambangan Inggris bagian selatan. Pada tahun 1842, seorang ahli anatomi Inggris, Richard Owen, mengusulkan agar hewan raksasa yang telah punah ini sebaiknya diberi nama Dinosaurus, dari kata dalam bahasa Yunani yang berarti “Kadal yang menakutkan”.

Film pertama yang memunculkan dinosaurus adalah film tahun 1912 buatan D.W. Griffith dengan judul Man’s Genesis (Dinosaurusnya masih lucu-lucu disini, sama sekali ngga’ serem, coba cari infonya di Google). Namun film Dinosaurus pertama lainnya yang paling menarik perhatian adalah Gertie the Dinaosaur, sebuah film animasi pada tahun 1914.

Sejak itu, dibuatlah ratusan film yang menampilkan dinosaurus, termasuk film menarik pada tahun 1966 yang berjudul One Million Years B.C. Ini film pertama yang menampilkan manusia hidup berdampingan dengan Dinosaurus. Teman-teman masih ingat dengan film kartun The Flinstone?disana dikisahkan juga manusia hidup bersama dengan hewan-hewan ini.

Menurut para ahli, teori yang menyebutkan manusia pernah hidup sezaman dengan Dinosaurus itu tidak dapat dibenarkan sama sekali, karena semua ini hanyalah sebatas fantasi. Dalam ilmu arkeologi memiliki banyak teknik penanggalan tersendiri, seperti teknik penanggalan radio karbon serta teknik penanggalan potasium argon. Penanggalan radio karbon adalah cara menghitung sisa-sisa dari sesuatu yang hidup berdasarkan kandungan karbon mereka. Ini cukup akurat untuk menghitung usia peninggalan hingga 50.000 tahun lalu. Sedangkan penanggalan potasium Argon adalah cara menghitung usia batu tempat relik itu ditemukan melalui kandungan potasium dan argon mereka. Sisa manusia di Afrika ditandai dengan cara ini.

Nah dari kedua teknik penanggalan ini semuanya menegaskan bahwa Dinosaurus punah 65 juta tahun yang lalu, pada saat itu manusia pun belum muncul. Jadi, jika kita tidak hidup bersama dinosaurus paling tidak kita hidup bersama keturunan dekat mereka.

0 komentar: